Berikut Langkah Membuat Pembangkit Listrik Tenaga Air Mini Untuk Pekerjaan Sekolah


Praktik langkah membuat pembangkit listrik tenaga air mini untuk pekerjaan sekolah umumnya diserahkan kepada siswa SMA atau STM, khususnya untuk mata pelajaran Fisika. Guru akan memberi pekerjaan ini dengan berkelompok atau individu. Ini penting supaya siswa mengerti langkah kerja pembangkit listrik tenaga air, dan dapat mempraktikkan prinsip-prinsip kerja pembangkit listrik tenaga air itu.
  • Alat yang diperlukan:
  • Obeng
  • Palu,
  • Alat bor listrik
  • Gergaji besi
  • Gunting seng
  • Solder

Bahan membuat pembangkit listrik tenaga air mini:

- Papan Alas dari kayu ukuran 50 cm x 20 cm
- 2 jenis Plat Aluminium
- (A tebal 1 mm) 125 cm x 3 cm
- (B tebal 0,25 mm) 100 cm x 25 cm
- Balok kayu
- Kincir air simpel
- As (silinder aluminium)
- Kabel listrik kecil 50 cm
- Dinamo (dengan tegangan sesuaikan)
- Lampu LED 0,5 W
- Lem Alteco kecil
- Lem Tembak kecil
- 2 buah Karet gelang Orin
- Rol 5 buah (ukuran sesuaikan)
- 12 butir Skrup
- 2 Penjepit buaya
- Minyak Pelumas untuk mesin jahit

Langkah membuat pembangkit listrik tenaga air mini:

  1. Sediakan beberapa alat serta bahan di atas. Selanjutnya pasang balok kayu pada papan alas yang sudah dipotong dengan ukuran sesuai dengan. Setelah itu, potong plat alumunium A (yang ketebalannya 1 mm), susun di atas balok kayu itu.
  2. Selanjutnya mengatur plat aluminium B supaya bisa jadi tempat air mengalir dengan lengkungan yang pas. Kemudian bikinlah lubang skrup serta As dengan memakai bor listrik. Bikin sekitar 13 titik.
  3. Bila telah, langkah menyusun pembangkit listrik tenaga air mini ialah tempatkan dinamo pada serangkaian. Pakai 2 buah skrup supaya kuat, lalu tempatkan pada serangkaian.
  4. Kemudian, solder 2 buah kabel pada 2 titik saluran listrik yang ada di dinamo. Selanjutnya sambung kabel dengan satu penjepit buaya.
  5. Kempit lampu LED 0,5 W pada ke-2 penjepit buaya dimana kabel ada, sambungkan.
  6. Selanjutnya tempatkan kincir, skema, serta 2 buah karet gelang orin pada skema dengan kuat janganlah sampai goyang, cek satu kali lagi. Langkah menahan goyang dapat dengan memberikan tambahan penahan As dibuat dari tembaga selanjutnya masukan ke lubang yang sudah dibor.
  7. Sebelum mulai dialiri air, silahkan uji terlebih dulu, triknya putar kincir memakai tangan, lihat apa lampu LED menyala ataukah tidak.

Jika lampu LED menyala bermakna alat sudah siap dipakai. Coba menyalurkan air pada plat aluminium yang sudah diatur untuk menggerakkan kincir. Nah, langkah membuat pembangkit listrik tenaga air mini untuk pekerjaan sekolah cukup gampang kan? Sekarang Anda dapat mempraktikkan eksperimen membuat pembangkit listrik tenaga air dengan miniatur pembangkit seperti dibikin di atas. Jangan malu menanyakan pada guru jika Anda alami kesusahan.

07.49 - tanpa komentar